Buku ini berisi uraian secara tertulis tentang garis besar bagaimana bidan perlu memahami, merancang, dan mengimplementasikan psikoedukasi dalam penyelenggaraan kelas ibu hamil sehingga terwujudnya kesejahteraan ibu hamil yang baik.
Buku ini berisi tentang penugasan dan soal sederhana yang dapat membantu ibu hamil meningkatkan aspek penerimaan diri, tujuan hidup, penguasaan lingkungan, otonomi, hubungan yang positif dengan orang lain dan pertumbuhan diri.
Buku ini berisi tentang deskripsi model, komponen model, bentuk dan perangkat model, panduan pelaksanaan model, format pengkajian ibu hamil, kuesioner, penilaian kesejahteraan psikologis, dan evaluasi model psikoedukasi untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis ibu hamil.
Buku ini menyajikan beberapa fakta tentang pentingnya menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya dan kaitannya dengan perkembangan keilmuan (khususnya keperawatan dan kesehatan). Selain itu, di buku ini diterangkan pula bagaimana mengembangkan kemampuan menulis artikel sesuai dengan akidah-kaidah penulisan ilmiah dan juga bagaimana langkah-langkah mempersiapkan publikasi dari mulai persiapan…